Langsung ke konten utama

Mengambil Hikmah dari Yang Kedua

                Setiap orang tentu menginginkan kalau pernikahan yang ia jalani adalah pernikahan pertama dan satu-satunya dalam kehidupannya. Namun, bagaimana jika setelah sekian tahun berjalan keresahan dan ketidaknyamanan terus mengiringi jalannya pernikahan? Apalagi dengan minusnya kelakuan pasangan dan juga hadirnya seseorang yang membuat resah dan nyaman secara bersamaan?

            Vienna Ariestanti harus menghadapi kenyataan kalau ia tidak bisa memberikan keturunan kepada suaminya kelak. Dalam takdir hidupnya itu, hanya satu orang yang bersedia menikah dengannya yaitu Haris. Haris yang juga tetangganya mengetahui kenyataan yang menimpa Vienna. Tapi, bukan berarti Haris menerima dengan lapang dada apa yang dialami Vienna. Dalam pertengkaran mereka sering terselip Haris menyampaikan kekurangan Vienna tersebut dan hanya Haris yang mau menerima Vienna sebagai seorang istri.


            Suatu hari ada sebuah festival menyanyi, Vienna yang bersuara bagus pun mengikutinya. Siapa sangka Vienna ternyata berhasil menyabet juara kedua. Sementara juara pertama berhasil dimenangkan seorang pria bernama Dave. Dave dan Vienna pun kemudian dipasangkan menjadi pasangan duet untuk mengikuti festival song couple di Singapura. Mereka berhasil menang dan kemudian hidup Vienna berubah.

            Vienna yang dulu hanya ibu rumah tangga biasa kini berubah menjadi selebritas. Menghadapi pertunjukan satu demi satu berduet dengan Dave. Sementara Haris, karena pekerjaannya tak menentu ingin mempunyai usaha sendiri dengan menggunakan modal dari kerja keras Vienna. Hal ini lah yang merisaukan Vienna. Di satu sisi Vienna enggan jika hasil kerja kerasnya dipakai Haris dengan tidak memperhitungkan untung rugi, investasi di sana sini dengan dalih untuk kehidupan mereka nantinya. Di sisi lain, Vienna seperti tak berkutik karena jika ia membantah Haris, maka kenyataan akan kekurangan Vienna akan kembali terlontar dari lisan Haris. Hal yang ia bayangkan saja sudah membuat ia sakit hati.

            Kemudian kebaikan Dave juga merisaukan Vienna. Vienna seolah tak bisa mendustai hati nuraninya kalau segala perhatian Dave adalah hal yang ia inginkan dilakukan oleh Haris sebagai pasangan sahnya. Namun, Haris tak pernah memberikan hal itu. Vienna mencoba membangun banteng pertahanan agar hatinya tidak terpesona pada Dave. Tapi bisakah karena mereka terus bersama walau dengan alasan pekerjaan?

            Yang Kedua adalah novel karya Kak Riawani Elyta yang lagi-lagi melibatkan dua tokoh pria dan satu tokoh wanita di dalamnya. Hahaha… Sungkem dulu sama penulisnya.

Sebenarnya saat membacanya saya merasa ada ketidakadilan yang diterima Haris. Seolah-olah segala keburukan ada pada sisi Haris, tentu saja tak imbang dengan karakter Dave. Namun, saat saya memikirnya ulang, ada juga kok sisi baiknya Haris. Setidaknya Haris tidak selingkuh. Hehehe….

            Satu hal yang menjadi pelajaran penting yang saya ambil dari novel ini adalah agar tidak mudah menghakimi kehidupan seseorang, terutama selebritas yang seringnya privasi mereka diumbar di khalayak dalam berbagai media. Namun, seberapa banyak kehidupan mereka yang kita ketahui? Seperti cerita Vienna. Kalau semisal kisah Vienna ini nyata dan kita hanya mendengar dan membaca cerita hidupnya dari media, bisa jadi kita akan memvonis Vienna terlibat skandal dengan teman duetnya dan hal-hal lainnya. Tanpa kita pernah tahu bagaimana kehidupan Vienna yang sebenarnya, apa yang terjadi di balik pernikahannya.

            So, tahan lisanmu, Yanti. Apalagi kamu pernah merasakan betapa tak nyamannya saat orang yang tak mengenalmu tiba-tiba melontarkan hal-hal yang menghakimi perilakumu tanpa pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi. Eh, lho? Kok mendadak curcol? :p

Judul               : Yang Kedua
Penulis             : Riawani Elyta
Editor              : Widyawati Oktavia
Penerbit           : Bukune
Tahun Terbit    : 2012
Tebal Buku      : vi + 250 Halaman


Komentar

  1. kirain yg keduanya itu yg wanita..kan biasanya gitu ya. ternyata saya salah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Biasanya gitu ya mbak. Ini beda. Di antara dua pria :D

      Hapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”