Pages

Jumat, 13 Juni 2014

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik





Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita. 

Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang akan membuat kita terbiasa melakukannya. 

Kamis, 12 Juni 2014

Owl Book Store dan 6 Buku Baru

Semenjak mengenal karya Orizuka, saya memang agak ketagihan dengan karya penulis yang satu itu. Dan karya-karyanya udah bejibun aja. Saya pun menelusuri goodreads untuk menemukan karya apa yang paling pantas untuk saya buru. Dan dari hasil penelusuran saya itu saya menemukan satu judul buku yaitu Our Story yang sepertinya mesti saya baca.

Saya pun memburunya ke toko buku langganan, tapi tidak ada stok Our Story di sana. Kemudian saya menemukan IG Iko yang memajang foto buku itu. Saya pun bertanya pada Iko ketemu di mana sama buku itu. Iko ternyata meminjam dari temannya tapi Iko merekomendasikan saya untuk membeli buku itu di toko buku Orizuka. 

Kyaa... Baru tau dunk saya ternyata Orizuka punya tobuk buat buku-buku karyanya juga. Semacam tbodelisa buat karya Tere Liye gitu. Alamat tobuknya : http://owlbookstore.co.id/

3 buku Orizuka yang baru. Di bawah itu kotak modem :D

Senin, 02 Juni 2014

Kisah Perjuangan Anak Yatim



Proses menjadi mutiara sungguh sangat luar biasa, dari hanya sebutir pasir yang masuk ke dalam kerang di dasar lautan. Hingga mengakibatkan kerang itu merasa sakit yang amat sangat sampai akhirnya kerang itu mengeluarkan getah yang ada di dalamnya hingga terbentuk sebuah mutiara yang cantik dan berharga. (Jangan Menyerah, 113)

Deret kalimat di atas adalah kalimat yang pas untuk menggambarkan buku ini. Tentu bukan suatu hal yang mudah, ketika tulang punggung keluarga pergi dan tak bisa kembali lagi. Goncangan dari segi financial adalah hal yang kerap menerpa. Disertai dengan keyakinan kalau Allah tidak akan memberikan cobaan yang tidak sanggup dipikul hambaNya, maka kisah-kisah di buku Jangan Menyerah ini hadir. Mereka mencoba berusaha untuk berdikari sendiri. 

LinkWithin