Pages

Selasa, 30 Juni 2015

[Opini Bareng BBI] Bicara tentang Setting

      


      Bicara tentang setting, sebenarnya saya bukan orang yang terlalu cerewet tentang setting kalau sedang membaca buku. Maksudnya gini, ada teman yang bilang kalau dia membaca deskripsi tentang setting tempat di sebuah novel, dia akan membacanya dengan perlahan sembari membayangkan apa yang digambarkan di novel tersebut. Tak cukup sampai di situ, ia akan mengulang lagi membacanya sampai setting tempat itu benar-benar sempurna terbayang dalam imajinasinya. Saya orangnya bukan yang tipe seperti itu. Saya sih biasanya baca aja terus. Kalau nempel ya nempel. Kalau enggak ya sudahlah. Bahkan kalau setting yang detail dan panjaaaaaang banget bakalan saya skip bacanya.

            Saya bisa berubah cerewet tentang setting jika setting itu pernah saya datangi atau rasakan. Baru deh kalau gitu saya bisa detail membacanya. Kalau enggak cocok, bisa cerewet juga ngomel-ngomel di review. Tapiiii… Itu juga kalau memang saya lagi mood bawelnya. Ada juga setting yang enggak cocok tapi karena komponen cerita lainnya saya suka, jadi saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Tapi di situlah para penulis harus berhati-hati agar tidak menuliskan setting dengan asal-asalan. Dari sekian banyak kemungkinan pembacanya, siapa tahu ada yang mengenal setting tempat tersebut. Kalau asal-asalan kan jadi ketahuan.

Senin, 29 Juni 2015

Menjadi Manajer dalam Rumah Tangga


Seorang suami adalah pemimpin dalam rumah tangga, maka peran istri adalah sebagai seorang manajer. Menjadi manajer dalam rumah tangga perlu menguasai banyak keterampilan. Seorang ibu bisa menjadi guru buat anak-anaknya, menjadi koki di rumah, juga melakukan pertolongan pertama jika anak sakit atau mengalami hal yang tak terduga. Seorang ibu juga harus bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan sebaik mungkin.

Beragam hal yang harus dikuasai seorang ibu di rumah, tapi tidak ada sekolah khusus yang menyiapkan seorang ibu bertarung dalam rumah tangganya. Buku Bunda Cekatan memberikan solusi, tips, dan pengetahuan tentang 12 ilmu dasar manajemen rumah tangga seperti manajemen waktu, manajemen menu 10 hari, menata rumah, dan juga termasuk di dalamnya manajemen isi kulkas. 12 ilmu dasar agar seorang ibu bisa menjadi ibu profesional dalam keluarga.

Jumat, 26 Juni 2015

Inspirasi Memasak ala Resto

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara mendapatkan resep masakan. Bisa dari bertanya langsung dengan orang yang piawai memasak, dari acara masak di TV, browsing di internet, dari koran, tabloid dan termasuk dari buku :D

Berapa banyak buku resep masakan yang Anda punya? 

Saya punya satu. Hahaha.... Sampai saat ini, buku ini adalah satu-satunya yang saya punya. Buku hadiah lomba resensi buku Quanta BaW Community di mana saya Alhamdulillah menjadi salah satu pemenangnya. 




Sesuai judulnya buku ini berisi 90 menu ala Resto untuk 30 hari. Untuk inspirasi memasak tentu buku ini bisa dijadikan panduan. Apalagi ada 90 resep plus 7 resep minuman. Belum lagi jika resep di hari satu kita padu padankan dengan resep hari yang lain. Wah, akan ada banyak variasi resep yang kita dapatkan.

Kamis, 18 Juni 2015

Ketika Masa Lalu Mengusik Masa Kini

            Seberapa besar pengaruh masa lalu pada kehidupan kita? Apakah saat seseorang dari masa lalu datang akan membuat hubungan dengan seseorang di masa sekarang menjadi terancam? Ah, episode kesekian dari CLBK alias Cinta Lama Belum Kelas saya dapat dari novel yang baru saya baca. The Chocolate Chance (TCC)  karya Yoana Dianika. Seri Love Flavour dari Bentang Pustaka.

            Orvala bekerja di sebuah café yang dipunyai oleh kekasihnya sendiri yaitu Aruna. Di café tersebut, hanya Orvala yang bisa meracik minuman cokelat dengan pas. Banyak yang sudah mencoba meracik minuman cokelat tersebut dengan bahan dan cara yang sama dengan yang dilakukan Orvala, tapi hasilnya selalu berbeda. Apa yang dibikin Orvala terasa lebih nikmat. Orvala memberikan soul pada cokelat yang ia racik.

            Café yang dimiliki Aruna memang menyuguhkan menu-menu cokelat dalam suguhannya. Cerita berjalan dengan mengisahkan hubungan Orvala dan Aruna. Bergantian dengan cerita masa lalu Orvala saat masih dalam seragam putih abu-abu. Latar belakang keluarga Orvala yang mengalami kesulitan keuangan juga kisah Orvala dengan seorang kakak kelasnya. Siapa sangka, dengan tiba-tiba kakak kelasnya yang bernama Juno itu hadir di café tempat Orvala bekerja.

Selasa, 16 Juni 2015

Mengambil Hikmah dari Yang Kedua

                Setiap orang tentu menginginkan kalau pernikahan yang ia jalani adalah pernikahan pertama dan satu-satunya dalam kehidupannya. Namun, bagaimana jika setelah sekian tahun berjalan keresahan dan ketidaknyamanan terus mengiringi jalannya pernikahan? Apalagi dengan minusnya kelakuan pasangan dan juga hadirnya seseorang yang membuat resah dan nyaman secara bersamaan?

            Vienna Ariestanti harus menghadapi kenyataan kalau ia tidak bisa memberikan keturunan kepada suaminya kelak. Dalam takdir hidupnya itu, hanya satu orang yang bersedia menikah dengannya yaitu Haris. Haris yang juga tetangganya mengetahui kenyataan yang menimpa Vienna. Tapi, bukan berarti Haris menerima dengan lapang dada apa yang dialami Vienna. Dalam pertengkaran mereka sering terselip Haris menyampaikan kekurangan Vienna tersebut dan hanya Haris yang mau menerima Vienna sebagai seorang istri.

Selasa, 02 Juni 2015

[Mei 2015] Book Haul

Awalnya merencanakan awal Mei sudah kembali ke Kaltim, tapi rencana tinggal rencana. Saya benar-benar kembali ke Kaltim justru di akhir Mei. Namun segala pengiriman dari akhir April sudah saya alamatkan ke Balikpapan. Di Barabai, saya hanya menunggu satu kiriman paket buku dari maret yang belum datang juga.

Penantian berakhir di pertengahan Mei. Paket buku itu akhirnya datang juga. Buku Denting Lara hadiah kuis dari penerbit BIP. Saya jarang menang kuis yang seperti itu, jadi hadiah kuis kali ini istimewa.
dapat postcard juga :D

LinkWithin