Pages

Rabu, 25 Maret 2015

Happily Ever After



“And they live happily ever after. Setiap dongeng kan berakhir begitu. Kesannya gampang, tapi di dunia nyata, memangnya ada yang kayak gitu?” Seorang anak yang suka membaca dongeng bersama ayahnya bertanya hal itu. Anak gadis itu bernama Lulu. Lulu besar denngan dunia dongeng yang kerap diceritakan ayahnya setiap malam. Lulu tumbuh besar dengan suka berpetualang, mengeksplorasi berbagai macam hal. Dalam hal ini dia punya sekutu alias sahabat yang juga suka berpetualang. Karin, nama sahabatnya itu.

Mereka berbagi banyak hal bersama. Melakukan banyak kegiatan berdua. Lulu kerap bermalam di rumah Karin, begitu pun sebaliknya. Namun, adakah persahabatan abadi di dunia ini?

Semuanya tiba-tiba berubah. Karin berubah dan persahabatan mereka juga berubah. Tak ada lagi Karin yang selalu bersama Lulu, bahkan mereka kini berubah wujud menjadi musuh. Karin yang seiring dengan masa pubertasnya tumbuh menjadi gadis yang cantik tak lagi bersama Lulu yang kerap di-bully teman-temannya. Justru keadaan berbalik, Karin menjadi gadis populer yang suka mem-bully. Termasuk mem-bully Lulu, mantan sahabatnya.

Sabtu, 21 Maret 2015

Perjuangan Seorang Remaja Mengatasi Trauma



Bagi seorang remaja memiliki impian adalah hal yang bisa membuatnya hidup terarah. Sejak dini remaja yang memiliki impian akan menyusun langkah-langkah dan berjuang untuk meraih impian tersebut. Seperti Kaliluna, seorang gadis berusia 17 tahun yang tertarik dengan dunia panahan. Dia bertekad untuk bisa masuk seleksi SEA Games dalam cabang olahraga memanah.

Kaliluna meluangkan waktunya untuk berlatih lebih banyak dari biasanya. Saat teman-temannya sudah pulang dia tetap berada di tempat latihan untuk berlatih. Namun, hal itu ternyata menjadi petaka padanya. Saat berada di ruangan loker, seseorang yang menjadi petugas kebersihan baru di tempat latihan menghancurkan mimpinya. Kaliluna mengalami sebuah tragedi yang membuat semua impiannya hancur dan dia ingin lari dari semua yang terjadi.

Jumat, 20 Maret 2015

In a Blue Moon - Ilana Tan


Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-)

In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini.

Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”

Sabtu, 07 Maret 2015

Cerita Seorang Ambiguous Genitalia

            


Suatu ketika seorang teman memasang status di FBnya : Cerpen anakku dimuat di majalah Irfan. Status itu disertai foto tampilan cerpen di sebuah majalah, dengan judul cerpen dan nama penulis yang terpampang jelas. Siapa nama penulisnya? Ya jelas lah nama si teman yang masang status. Ada beberapa komentar yang menanggapi foto tersebut. Ada yang bilang selamat, kemudian ada juga yang bilang anaknya hebat, sama seperti bundanya yang pintar menulis. Ada juga yang berkomentar, kenapa cerpennya ditulis bukan atas nama anaknya, tapi atas nama emaknya.

Heuheu… Ternyata kalimat itu ambigu. Dalam KBBI ambigu artinya bermakna lebih dari satu sehingga menimbulkan keraguan. Status teman tadi bisa diartikan cerpen anak yang ditulisnya dimuat di majalah atau bisa juga berarti cerpen yang ditulis anaknya yang dimuat di majalah. Sebagian rekan yang membaca status tersebut bingung. Itu jika terjadi pada kalimat yang kita temui, bagaimana kalau ambigu itu justru ada pada dalam diri?

Inspirasi dari Kisah Para Becak

          

  Buku anak termasuk genre buku yang masih sangat diminati pasar. Banyak orang tua yang tak segan mengeluarkan rupiah untuk membelikan anak-anaknya buku bagus. Dengan harapan anak bertambah wawasan dan kecerdasannya. Mengemas buku anak menjadi sesuatu yang bisa menghibur sekaligus memberikan pelajaran adalah hal yang harus disinergikan antara penulis dan penerbit.

            Salah satu buku anak yang hadir meramaikan dunia literasi tanah air adalah Lesus dan Kisah Becak-becak yang ditulis oleh Shabrina WS. Penulis satu ini ternyata tidak hanya piawai menulis cerita dengan segmen remaja dan dewasa, tapi juga pandai menulis cerita anak. Lesus adalah nama sebuah becak, sebuah angkutan darat yang menjadi langka atau bahkan menghilang di beberapa kota besar.

Jumat, 06 Maret 2015

Drama Rumah Tangga Pasangan Muda



Setiap pernikahan punya tantangan masing-masing. Ada pernikahan yang harus berjuang di tengah kondisi ekonomi yang mengimpit, ada juga yang menghadapi pernikahan dengan pasangan yang tinggal berjauhan. Sedangkan tantangan yang dialami oleh Laili adalah dia merasa pernikahannya dengan Andra tidak berdasarkan keinginan Andra sendiri.

            Andra pun dengan terang-terangan mengaku pada Laili ketika melamar gadis tetangganya itu. Bahwa lamarannya didasarkan pada keinginan orangtuanya agar Andra menikah dengan Laili. Sementara Laili sudah positif jatuh cinta pada suaminya tersebut sejak akad nikah. Padahal Andra menginginkan hubungan mereka berjalan hanya seperti seorang teman. Tak kurang dan tak lebih, sama seperti hubungan mereka sebelum menikah.

Maka terjadilah pernikahan yang tak seperti orang kebanyakan. Mereka tidur di kamar terpisah dan tidak bersentuhan secara fisik seperti para pengantin baru pada umumnya. Tanpa diketahui Laili, Andra melakukan hal tersebut karena terikat perjanjian dengan Yusuf, adik Laili. Yang menginginkan Andra menyentuh kakaknya saat Andra yakin betul kalau Andra sudah mencintai Laili. Laili juga tidak tahu kalau sebelum menikah ternyata Andra pernah berhubungan serius dan berencana menikah dengan Peggy atau yang biasa dipanggil Pepey. Namun, hubungan Andra dengan Pepey mendapatkan tantangan keras dari keluarganya karena status mereka yang masih kerabat dekat.

Rabu, 04 Maret 2015

Ketika Memendam Cinta pada Sahabat

   
    
Tsaaah! Judulnya agak sinetron yeee :p Ini karya Nurilla Iryani yang ketiga yang saya baca dan saya teteup suka. Walaupun kadar kesukaannya lebih rendah daripada 2 buku sebelumnya yaitu Yummy TummyMarriage dan The Marriege Rollercoaster. Kali ini Nurilla tidak berbicara tentang dunia pernikahan, tapi sebelum pernikahan.

Seperti yang sudah bisa ditebak dari judulnya Dear Friend with Love, novel ini memang mengangkat tema tentang persahabatan kemudian menjadi cinta. Karin dan Rama telah bersahabat selama 8 tahun. Tanpa Rama sadari, Karin memendam perasaan sayang kepada sahabatnya itu. Dan Karin juga tidak bisa mengungkapkannya secara terus terang kepada Rama. Sedangkan Rama, seperti kebanyakan cowok, tidak sadar dengan apa yang dirasakan Karin. Rama terus berpetualang dari satu cewek ke cewek lain hingga berujung pada yang namanya Astrid yang mendapat panggilan sayang dari Rama yaitu Cicit.

LinkWithin