Langsung ke konten utama

Konnichiwa, Jepang!

                Salah satu cara mengenal daerah atau negara lain adalah lewat cerita. Cerita dari mana saja, mendengar sendiri dari pengalaman orang lain, dari tulisan-tulisan di medsos atau dari cerita fiksi yang ada di buku. Salah satu buku yang menceritakan tentang Jepang adalah sebuah novel anak berjudul Konnichiwa, Jepang!

            Cerita berawal dari Aimi yang sangat sedih karena baru pulang dari Rumah Sakit tempat ia dirawat selama dua minggu. Loh? Pulang ke rumah kok sedih? Itu karena kecelakaan yang membuat ia harus dirawat membuyarkan impiannya. Impian untuk menjadi penyanyi idola. Kecelakaan itu membuat Aimi tidak bisa ikut audisi penyanyi idola. Aimi bertambah sedih dan kesal saat mendapatkan telpon dari Erica yang mengabarkan kalau Erica terpilih menjadi di audisi tersebut. Aimi pun jadi membenci Mamanya yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi.


            Untuk menghibur hati Aimi, Aimi kemudian diajak nenek dan kakeknya yang dari Jepang untuk berlibur di Jepang. Wusss… Aimi pun terbang ke Jepang. Asyik ya bisa liburan di Jepang :D

               Hari pertama di Jepang, Aimi bertemu Yuka. Gadis kecil yang menjadi cucu angkat neneknya. Aimi sebal kepada Yuka karena Yuka sangat disayangi nenek. Belum hilang kesebalan Aimi pada Yuka, neneknya malah meminta Yuka untuk menemani Aimi berjalan-jalan. Saat berjalan-jalan mereka justru bertengkar yang membuat Aimi dan Yuka terpisah di jalan. Aimi pun bingung harus pulang lewat mana, beruntung Aimi bertemu dengan Ayami dan Asame, kakak beradik yang kemudian menjadi sahabat baru Aimi.

           Bersama Ayami dan Asame, Aimi jadi tahu beragam hal tentang Jepang. Walaupun ibunya asal Jepang, tapi karena Aimi tinggal di Indonesia jadi ia tidak terlalu tahu tentang kebudayaan Jepang. Aimi kemudian mengetahui tentang perayaan Hinamatsuri yaitu festival boneka atau hari anak perempuan. Selain itu, Aimi juga berkunjung ke Menara Tsutenkaku, ikon kota Osaka. Di Jepang, Aimi juga menyantap beragam masakan ala Jepang seperti takoyaki, chirashi-zushi, sakura mocha, Yakitori, dan banyak lagi.

        Walau sempat bertengkar, Yuka tetap diminta neneknya untuk menemani Aimi. Kebersamaan mereka membuat Aimi mengetahui rahasia Yuka. Sebuah rahasia yang membuat Aimi merasa bersalah pada mamanya. Rahasia apakah itu?

           Novel anak yang ditulis oleh Laksita Judith Tabina ini menarik. Beberapa hal yang sempat membuat saya ingin memberikan kritik ketika membacanya ternyata terjawab dengan manis seiring lembar-lembar cerita yang saya sampai ke endingnya. Novel anak ini juga membuat saya menjadi tahu hal-hal tentang Jepang yang sebelumnya tidak saya ketahui. Seperti perayaan Hinamatsuri. Ada pelajaran juga yang bisa diambil dari ceritanya. Good Job, Laksita. Semoga terus menulis dan menghasilkan karya yang lebih bagus lagi.

Judul                          : Konnichiwa, Jepang!
Penulis                        : Laksita Judith Tabina
Penerbit                      : Noura Books
Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Maret 2015
Tebal Buku                : 124 Halaman



Komentar

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”