Langsung ke konten utama

TerOrizuka di 2014

Di salah satu stasiun TV swasta sedang ditayangkan drama Korea berjudul Jang Ok Jung. Saya menontonnya? Ya. Terkadang, walau tidak terlalu memprioritaskan karena saya sudah menonton sebelumnya via dvd. 

Bagi yang pernah mengikuti drama Korea Dong Yi dan ngefans dengan karakter Dong Yi, mungkin bisa sebel kalau menonton Jang Ok Jung. Karena Selir Jang yang jahat di Dong Yi justru jadi tokoh utama di Jang Ok Jung, sesuai judulnya.

Saya sih enggak mau ambil pusing, mana drakor yang lebih mendekati kenyataan. Karena keduanya ceritanya bagus dan pada akhirnya mau dibikin tokoh utama atau tokoh antagonis yang namanya sejarah enggak bisa berubah ya. Teteup Jang Ok Jung akhirnya dihukum bunuh diri dengan minum racun.


Namun, menonton Jang Ok Jung saya seperti diperlihatkan sebuah hukum sebab akibat secara terang benderang. Mengapa Jang Ok Jung bisa berbuat hal yang tidak baik sedemikian rupa? Ada sebabnya, karena dia ditekan sedemikian rupa dan dia juga dihina yang membuat emosinya meledak. Episode kemarin menunjukkan saat ibunya Jang Ok Jung dihina oleh ibu suri, permaisuri dan ibu-ibu kelas atas kerajaan. Jang Ok Jung pun murka tiada tara. 

Hukum sebab akibat inilah yang saya temukan dalam karya-karya Orizuka. Mengapa seseorang bisa jahat, nakal atau cuek dan tidak pedulian. Orizuka mencoba menelusuri penyebab hal tersebut. Kenapa orang lain berlaku sesuatu yang tidak mengenakkan kepada kita? Periksa dan instrospeksi, karena bisa jadi kesalahan orang lain terhadap diri kita bukan 100% murni kesalahan orang itu pada kita. 

Seperti yang dikatakan Ares pada novel Orizuka yang berjudul Summer Breeze : "Selalu nyalahin semua orang, tanpa pernah berpikir kalau setengahnya atau lebih adalah kesalahanku juga." (Hal 169)

Tahun 2014 saya nobatkan sebagai tahun TerOrizuka. Hahaha… Sebelumnya saya tidak punya satu pun karya penulis yang satu itu. Dan sampai akhir tahun 2014 ini saya sudah punya 16 bukunya Orizuka. Bahkan sebelum membaca satu pun karyanya saya sudah membeli 3 buku Orizuka. Sebuah pertaruhan yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Biasanya saya membeli karya seorang penulis setelah membaca karya dia sebelumnya. Jika oke, maka saya tak ragu buat membeli karya selanjutnya. 

Karya Orizuka yang saya beli di tahun ini.
Minus Meet The Sennas, After School Club dan Summer Breeze. Ada yang dipinjam, ada yang ketinggalan di rumah ortu. 

Sedangkan Orizuka? Saya belum membaca udah beli 3 bijik. Ihiks… Untuk enggak nyesal yee… 

Semua itu berawal dari testimoni Mbak Dhani yang bilang kalau karya Orizuka ini keren-keren. Orizuka banyak menulis cerita remaja tapi tak melulu tentang asmara dan cinta-cintaan. Malah kebanyakan ceritanya bercerita tentang pentingnya kehangatan dalam sebuah keluarga. Dan saya penasaran dunk… Jadinya saya memburu karya Orizuka dan ternyata saya ketagihan. 

Salah satu hal yang saya dapatkan dari tulisan Orizuka adalah feel. Saya menyatu dengan perasaan-perasaan tokoh di dalamnya. Saat mereka jatuh cinta, kecewa, benci, sedih, bahagia, saya merasakannya. Saya merasa lebur dalam ceritanya dan bukan hanya penonton yang hanya menonton cerita dalam buku. Hal itulah yang membuat saya royal memberikan bintang-bintang buat karya Orizuka di Goodreads. Kebanyakan saya kasih bintang 4 dan 5. 

Tidak semua buku saya beli di toko buku offline. Sebagian saya beli di toko buku online, ada juga di lapak buku murah. Alhamdulillah… Semuanya ori. Enggak ada yang KW. Selain itu saya juga beli buku second untuk beberapa buku. Lumayan enggak bobol banget di kantong :p

Untuk buku Meet the Sennas, resensinya Alhamdulillah bisa dimuat di Koran Jakarta. Lumayan honornya bisa buat beli buku Orizuka yang lain. Dan saya berharap tahun depan ada lagi karya Orizuka bermunculan. Ditunggu 2 buku lanjutan the Chronicles of Audy. 

Koleksi karya Orizuka ini bersaing ketat dengan koleksi karya Tere Liye di rak buku saya :D 

Komentar

  1. Ini book wish list aku tahun ini nih yan, soalnya baca-baca di GR, responnya ada bagus :D *pantang nemu testimoni bagus :v
    semoga bisa kebeli semuanya, hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... Kalau yang the best menurut saya ada Our Story, I For You, Audy, Meet The Sennas, Me and My Prince Charming. Yang setting Indonesia yang jadi favorit :D

      Hapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”