Langsung ke konten utama

Semangat Move On Penderita Sindrom APS


Antiphospolipid Syndrome (APS) atau Sindrom Darah Kental memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Penjelasan sederhana dari sindrom itu adalah darah yang terlalu cepat mengental. Jika darah mengental, maka akan menyumbat di bagian tubuh tertentu. Jika darah menyumbat di ginjal, yang terjadi adalah penderita APS akan terkena penyakit ginjal. Jika penggumpalan darah terjadi di mata, mata akan mengalami gangguan penglihatan sampai kebutaan. (Halaman 163)

            APS itulah yang dialami oleh Asma, seorang gadis berwajah sederhana yang berusaha mempercayai kalau cinta sejati itu ada. Asma pernah dikecewakan begitu rupa oleh seseorang yang menjalin hubungan dengannya. Kekecewaan yang membuat dia meragukan apakah kebahagiaan bisa diraih dalam sebuah pernikahan. Bagaimana jika waktu menghambarkan rasa? Atau bagaimana jika setelah dia mengambil keputusan dan memilih, lalu dikecewakan? Pikiran-pikiran seperti itu selalu hinggap di benak Asma. (Halaman 14)


            Terlebih setelah vonis dokter kepada dirinya. Asma tak lagi memikirkan tentang yang namanya pernikahan. Sempat dia terusik dengan yang namanya pernikahan saat dia bertanya pada ibunya apa yang membuat ibunya bahagia dan jawaban ibunya yang mengatakan. “Ibu-ibu lain bahagia jika anaknya, misalnya … menikah. Kemudian punya anak.” (Halaman 226). Tapi ketika ibunya mengatakan melihat Asma bahagia saja sudah membuat ibunya bahagia,bukan soal menikah atau tidak, punya anak atau tidak,  Asma menjadi lega.

Dia pun bertekad berjuang melawan penyakitnya. Selain itu Asma juga tidak diam, dia mencoba menghibur dan menyemangati para pasien yang menjadi penghuni rutin rumah sakit di mana Asma dirawat. Seperti yang dikatakan Asma kepada teman sekamarnya yang menderita kanker darah. “Kita tidak bisa menghindari takdir yang Tuhan berikan, tetapi bisa memilih cara bagaimana menghadapinya. Rasa sakit tidak berkurang ketika kita mengeluh, malah semakin menjadi rasanya. Jangan dilawan, belajar menikmati. Ada keindahan tersendiri ketika kita bisa melakukan itu.” (Halaman 242) 

Asma pun memutus kontak dengan Zhongwen. Seorang pemuda yang dia temui di daratan Cina. Tanpa Asma sadari kalau di belahan dunia yang berbeda, Zhongwen tengah berjuang mendapatkan jalan menuju Tuhan. Diskusi-diskusinya dengan Asma membawanya pada satu jalan yaitu Islam.

Zhongwen pun menerima konsekuensi terusir dari keluarga besarnya karena keyakinan mereka yang berbeda. Dia pergi ke Indonesia, menemui Asma. Saat Zhongwen bertemu Asma, di tempat yang sama telah hadir Dewa, seseorang yang dulu pernah begitu bertahta di hati Asma. Dewa yang dulu sudah merencanakan pernikahan dengan Asma namun pernikahan itu urung terjadi karena satu kejadian yang membuat Dewa harus bertanggungjawab pada Anita, teman sekantornya.

Dewa yang mengkhianati Asma datang lagi setelah bercerai dengan Anita selepas bayi mereka lahir. Bagi Dewa pertanggungjawabannya karena sebuah kesalahan itu hanya sampai pada bayi yang dikandung Anita lahir. Setelahnya dia akan kembali pada Asma, cinta sejatinya. Zhongwen dan Dewa hadir di depan Asma dalam waktu yang bersamaan. Siapa yang dipilih Asma?

Assalamualaikum, Beijing! adalah novel yang tidak hanya bicara tentang pencarian cinta seorang gadis, pengkhianatan oleh mantan atau hal-hal yang beraroma roman picisan belaka. Tapi lebih dari itu lewat cerita perjuangan Asma melawan penyakitnya, novel ini memberikan energi positif dan menjadi penyemangat untuk mereka yang berjuang dengan APS maupun sindrom atau penyakit lain. Juga memberikan pelajaran tentang semangat untuk move on ketika dikhianati oleh kekasih. Satu penyakit tak seharusnya memadamkan semangat kehidupan. Begitu pula perasaan patah hati. Sebab begitu manusia mengangkat wajah dan melihat ke diri serta sekeliling, maka ada berlimpah karunia yang mustahil dihitung, dan tak seharusnya luput dari rasa syukur. (Halaman 210)

Saya membaca novel ini yang diterbitkan oleh NouraBooks. Tak lama kemudian, novel ini diterbitkan oleh Penerbit Asma Nadia. Saat membacanya, banyak sekali bagian yang saya garisbawahi di novel ini. Diksi yang digunakan Asma Nadia memang sangat memukau. Jika Anda suka mengumpulkan quote dari sebuah buku, maka temukan banyak quote di novel ini. Kabarnya novel ini akan diangkat ke layar lebar dan tayang pada tanggal 30 Desember 2014. 
Cantik-cantik ya mereka pakai jilbab.
Para pemain Assalamualaikum Beijing.
Sumber dari sini
Menanti filmnyaa..... 

***

Judul                                 :  Assalamualaikum, Beijing!
Penulis                              :  Asma Nadia
Penyunting Ahli                  : dr. Lukman
Penerbit                            :  Noura Books
Tebal Buku                        :  354 Halaman ; 13x20 cm
Tahun Terbit                      :  2013

ISBN                                 :  9786021606155

Komentar

  1. Keren ya buku mba Asma di film kan lagi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya Catatan Hati Seorang Istri juga mau dibuat versi movienya, Mbak :D

      Hapus
  2. Akankah film nya sekeren bukunya? ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Em... Em... Biasanya sih keren bukunya ya, Mak :D

      Hapus
  3. Wah, saya malah baru tahu bukunya si mba ini. Makasih Mba Yanti. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”