Pages

Jumat, 28 Februari 2014

Saat Kekasih Jauh di Sana



Sesuai judulnya LDR #CrazyLove bercerita tentang Long Distance Relationship alias hubungan jarak jauh. Ada 5 cerita yang ditulis oleh 5 penulis dalam buku setebal 194 halaman. Jadinya, cerita di dalamnya lebih panjang dari cerpen biasa tapi lebih pendek dari sebuah novel. Bisa dibilang novelette kali ya. Benang merah semua cerita adalah tokohnya sedang melakukan hubungan jarak jauh dengan pasangan masing-masing.


Kisah pertama : Chococerry Chocolate.


Kisah pertama ini ditulis oleh Ayuwidya. Bercerita tentang persahabatan antara Carlo dan Salsa. Carlo yang sedang berusaha untuk mendapatkan motor sport dari undian berhadiah dari bungkus Chococerry Chocolate tidak mempercayai hubungan jarak jauh yang dibangun sahabatnya Salsa dengan sang pacar, Marvel. Salsa pun berusaha dengan keras membuktikan kalau keraguan Carlo pada hubungannya dengan Marvel tidak benar. 


Salsa berjuang agar hubungannya dengan Marvel bisa berjalan dengan lancar. Sampai-sampai Salsa rela ke Bali menemui Marvel di saat Carlo memberikan hadiah special buat dia dengan mengorbankan satu hal. Di Bali, Salsa pun melambung dengan mengira Marvel telah menyiapkan makan malam special untuknya.  Tapi ternyata… *skiiiip… ntar spoiler*



Cerita seperti ini sekilas memang terlihat klise. Persahabatan dengan lawan jenis, keraguan pada sang pacar nan jauh di mato dan bla bla bla *takut spoiler jadi bla bla bla*. Tapi Ayuwidya berhasil mengemas cerita ini menjadi menarik. Saat Salsa digiring pad situasi dilematis yang bikin pembaca gregetan karena tau bahwa Salsa terlalu lugu. Walaupun endingnya bisa ditebak tapi cara pengolahan cerita oke punya. Kesukaan Salsa dalam masak memasak juga mendukung cerita pada bagian klimaks. Saya suka cerita pertama di buku ini. 


Kutipan cantik di kisah pertama :


Kalau Cuma ketenangan, lo bisa dapatkan dari siapa pun, bahkan dari benda mati, tapi Cuma dari sahabat lo bisa mendapatkan kejujuran.

Seperti sepasang kaki yang berjalan. Tidak aka nada langkah kalau keduanya diam saja. Satu kaki melangkah maju lebih baik, ia akan menarik kaki lainnya untuk mengikutinya (Hal 16)

Long distance relationship tidak cukup hanya saling percaya, tapi juga bagaimana menjadi orang yang bisa dipercaya (Halaman 43) 



Kisah kedua : Smiles!


Cerita tentang Arine dan Biru, dua anak remaja dari Kalimantan yang menempuh pendidikan sarjana di pulau jawa. Mereka pacaran, hemm, kata Ustadz Felix Siaw pacaran itu haram (Penting ini!). 


Arine dan Biru diterima kuliah di tempat yang berbeda, Arine di Malang sementara Biru di Jakarta. Mereka sepakat tetap melanjutkan hubungan walau jarak membentang. Tahun demi tahun berlalu, segala halangan dan rintangan mereka hadapi. Nggak mudah menghadapi namanya LDR, karena pertengkaran dan selisih paham bisa mewarnainya.

Sampai di tahun terakhir kuliah mereka, satu kenyataan membuat Arine berang. Biru yang digambarkan sebagai sosok yang cerdas mendapat beasiswa sekaligus ditawarkan kerja magang di Jepang. LDR mereka harus diperpanjang? Atau putus sama sekali dan jalan masing-masing?


Saya juga suka cerita kedua ini. Mungkin karena karakter biru digambarkan sebagai sosok manusia cerdas. Yah, saya suka sama cowok cerdas. Hahaha… Kegemaran Biru akan robot juga mewarnai ceritanya, dan robot-robot itu menjadi nilai plus dari kisah ini. Lucu deh ngebayangin robot-robot yang dibikin Biru. Penulisnya juga menarik pembaca ke posisi dilematis dari sudut pandang Arine. 


Saya serasa ikut terbawa emosi dengan keberangan Arine pada keputusan Biru untuk ke Jepang tanpa melibatkannya. Namun di sisi lain, saya juga ngerasa keputusan Biru itu sudah tepat. Dan di akhir kisah, saya menuliskan sesuatu di bukunya : “Kalau aku jadi Arine, minta dinikahin dan ikut ke Jepang. Hahaha…”


Di cerita kedua juga ada kutipan cantik tentang LDR *langsung ingat misua nan jauh di sana*



Sebuah hubungan itu seharusnya saling ngasih sayap biar bisa terbang sama-sama. Bukan ngerampas salah satu sayap. Kadang, sayapnya bikin kita terbang mencar. Tapi, akhirnya ketemu lagi di satu titik. (Halaman 77)



Kisah Ketiga : Don’t Stop Believing


Anna dan Oscar belum pernah bertemu secara nyata, mereka hanya pernah bertemu secara maya dan memutuskan buat berhubungan. Mereka menjalani LDR. Anna di Jakarta, Oscar di Bali. 


Sampai pada satu hari, saat perayaan hari jadi mereka, Anna ingin memberikan kejutan pada Oscar. Siapa sangka ternyata Oscar juga ingin memberikan kejutan yang sama. Anna ke Bali untuk menemui Oscar, sementara Oscar ke Jakarta ingin menemui Anna. Tasulisih, istilahnya dalam bahasa Banjar. 


Kisah ketiga ini juga lumayan lah. Cukup membuat saya betah membacanya untuk tahu bagaimana akhir kelanjutan cerita mereka. Walaupun untuk kadar kesenangan, saya lebih suka membaca cerita pertama dan kedua.


Kisah keempat : Inseparable.


Astri semula sangat tidak setuju dan berontak dari keputusan Raka untuk melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Tapi, pada akhirnya Astri tidak bisa apa-apa selain mendukung keputusan Raka. Maka dimulailah episode LDR mereka yang hanya berhubungan lewat skype dan sejenisnya.


Raka adalah tipe pekerja keras dalam berjuang untuk menyelesaikan pendidikannya. Agar bisa cepat ketemu Astri juga. Sampai pada satu saat yang ditentukan Raka dijadwalkan pulang ke Indonesia. Dan pesawat yang ditumpangi Raka jatuh di Bali. Hal ini membuat saya bertanya-tanya apa penerbangan dari Jepang ke Jakarta melewati Bali? Coba lihat rute penerbangan Garuda di bawah ini. 


Perjalanan udara Jepang-Jakarta itu melewati Bali ya? Geografi saya payah, tapi yang saya ingat nih ya Jakarta ada di pulau jawa. Jepang kan ada di atas Indonesia *di peta*. Trus pulau Bali kan ada di samping pulau jawa. Jadi kalau perjalanan udara Jakarta-Jepang (Entah Tokyo, entah Osaka), menurut asumsi saya, dari Jepang yang lurus aja langsung ke Jakarta. Kecuali kalau mendarat di Bali. Tapi, ini diceritakan di Jakarta kok. Lah, kok bisa pesawatnya jatuh di Bali? CMIIW


Kisah Terakhir : Rancho 


Setelah membaca 3 kisah (saya melompat dari kisah ketiga langsung ke kisah kelima) yang semuanya menceritakan tentang hubungan yang kata Ustadz haram itu, saya sungguh penasaran cerita apa yang diusung oleh kak Riawani Elyta. Apa juga sama tentang hubungan yang seperti itu?


Rancho adalan nama dari Ryan, supaya kelihatan lebih macho dia minta dipanggil dengan Rancho. Rancho adalah seseorang yang cerdas yang ditemui Melvina ketika dia menempuh pendidikan di Singapura. Melvina walau dari keturunan bermata sipit tapi dalam kenyataannya dia harus berjuang keras agar bisa kuliah di Singapura. Dari segi kebutuhan ekonomi untuk berkuliah di sana maksudnya.


Dalam satu obrolan mereka, Rancho menawarkan taruhan kepada Melvina, siapa yang bakal bertahan di Singapura. Jika Rancho kalah, dia bakalan mentraktir Melvina makan siang selama sebulan penuh. Tapi, jika Melvina yang kalah, Melvina harus mau jadi pacarnya.


Pada akhirnya yang kalah memang Melvina. Karena terdesaknya keadaan membuat Melvina harus hengkang dan meninggalkan pendidikannya. Setelahnya mereka berhubungan lewat email. Beragam peristiwa menghadang hidup Melvina setelahnya bahkan sampai pada satu peristiwa paling suram di hidupnya. Dan Rancho tetap mengirimkan Melvina email-email walaupun tidak pernah dibalas lagi oleh Melvina. 

Email sepihak dari Rancho dibuka Melvina beberapa tahun setelahnya. Motivasi-motivasi dalam email Rancho itulah yang sedikit banyak membantu Melvina bangkit dari keterpurukannya selama ini.


Tangisan yang keluar belakangan untuk peristiwa yang telah terjadi, meski sepahit apa pun peristiwa itu, tetap tidak akan mengubah keadaan adalah salah satu isi surat Rancho yang membuat Melvina termotivasi untuk bangkit. (salah satu bunyi email Rancho)


Melvina pun kemudian membulatkan niatnya untuk menemui Rancho kembali di Singapura. Sayangnya pertemuan dengan Rancho bukan seperti dalam bayangannya. Rancho sedang terjerat sebuah kasus yang membuat nyawanya terancam. 


Kisah tentang Rancho ini sungguh beda dengan empat kisah yang lainnya. Lebih berbobot dan bukan sekadar hubungan jarak jauh pria dan wanita. Di dalam cerita ini ada digambarkan peristiwa-peristiwa suram yang pernah terjadi di negeri ini. Kisah tentang Rancho pun membuat saya teringat akan peristiwa heboh tentang mahasiswa Indonesia yang dikabarkan bunuh diri di Singapura. Lewat cerita ini, saya justru melihat kejadian itu dari sisi yang berbeda dan googling tentang Mr. D. 


Semangat Melvina untuk move on setelah beragam peristiwa yang membuat dia terpuruk juga menjadi nilai plus dari cerita ini. Saya suka sekali dengan perkataan Melvina kepada dirinya sendiri. “Aku tak ingin menangis. Tak boleh menangis. Untuk sesuatu yang menjadi milik masa lalu.”


Maka, dari 5 kisah yang ada di buku ini, cerita yang berjudul Rancho adalah juaranya. Suka sekali.


LDR #CrazyMoment adalah buku yang bisa dibilang komplit buat penyuka romance. Kita bisa menikmati 5 kisah dari 5 penulis dalam satu buku dengan satu benang merah yaitu LDR. Buat calon penulis juga bisa menjadikan buku ini sebagai referensi buat belajar. Misalkan dari cerita pertama, bisa belajar bagaimana mengemas sesuatu yang klise menjadi sebuah tulisan yang tetap asyik buat dibaca. 




Judul                : LDR #CrazyLove

Penulis             : Ayuwidya, Elsa Puspita, Christina Juzwar, Anjani Fitriana, Riawani Elyta

Penyunting      : Dila Maretihaqsari

Penerbit          : Bentang Belia

Tebal Buku      : vi + 194 Halaman

Tahun Terbit   : 2013

ISBN                 : 9786027975729




5 komentar:

  1. Thank you yanti reviewnya:-) masih simpang siur sih berita akurat ttg D itu, tp byk yg yakin dia dibunuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga buat bukunya, Mbak Lyta :) Iya, saya googling dan ketemu pembahasan panjang akan kejanggalan2 kalau dia bunuh diri gitu

      Hapus
  2. Saya jadi penasaran loh Mba Yanti, berapa banyak buku yang ada di rumah. Njenengan konsisten nulis review buku gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karena saya ikutan reading challenge gitu, Mas Dani. Ada target buat baca dan review buku. Saya menargetkan 60 buku setahun. Jadi sekitar 5 buku per bulan. Kalau buku yang ada di rumah saya, belum pernah ngitung soalna tersebar di rumah kontrakan saya, rumah ortu dan rumah mertua :D

      Hapus
  3. wah kaya yg dialami aku saat ini sobat
    im sad >>> http://homebagus.blogspot.com/2014/04/kini-kau-sudah-berubah.html

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda

LinkWithin