Langsung ke konten utama

 Metropolis (Pembunuhan Berantai Gembong Narkotika

  
  Sindikat 12 adalah momok bagi polisi-polisi Sat Reserse Narkotika. Sindikat 12 adalah sindikat para gembong narkotika yang sangat kuat, terorganisir, dan nyaris tidak tersentuh hukum. Ada tujuh orang dari dua belas pemimpin Sindikat 12 yang tewas dalam satu tahun. Hal itu memancing kecurigaan Bram, seorang polisi di sat reserse narkotika. Dibantu Erik, seorang polwan yang menjadi asistennya, Bram melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. 


  Di saat bersamaan, pimpinannya di kepolisian pensiun dan digantikan oleh seorang polisi bernama Burhan yang mempunyai hubungan yang kurang baik dengannya. Di bawah kepemimpinan Burhan, Bram menduga dia akan mengalami masa-masa berat dalam perjalanan kariernya. Dan dugaan Bram benar. 


  Penyelidikan yang dilakukan oleh Bram baru dimulai, tapi sebuah kabar mengejutkan diterimanya. Satu lagi pemimpin sindikat 12 yang tewas. Dan hanya tersisa 4 orang dari 12 orang tersebut. Ini semacam pembunuhan berantai, pikir Bram. Di tengah penyelidikan, Bram menemukan ada seorang perempuan yang selalu hadir di TKP di tengah kerumunan masyarakat saat kejadian diendus polisi. Setelah diselidiki perempuan itu adalah Miaa. Seorang anggota kepolisian yang telah dipecat dari satuannya. 



  Dari 4 orang yang tersisa kemudian berkurang satu orang lagi, Soko Galih. Sebelum terbunuh, Soko Galih sempat mengirimkan faks kepada Bram yang terputus di tengah. Faks yang bertuliskan nama Frans. Satu nama yang dulu menguasai semua jaringan narkotika. Pada akhir masa kepemimpinan Frans, terjadi konflik intern besar-besaran. Frans dan seluruh keluarga terbunuh. 


  Tokoh-tokoh lain pun kemudian bermunculan seiring dengan nama Frans yang diselidiki Bram dan Erik. Ada Johan, putra Frans yang ternyata masih hidup. Aretha yang kerap dijuluki wanita penyihir yang mempunyai bisnis cuci uang dan tempat para mafia narkotika ‘bersandar’ untuk memasukkan uang mereka ke dalam sistem perbankan. Juga ada Indira, seorang wanita cantik yang sangat disayangi dan selalu dicari Johan. Indira adalah perempuan berhati bersih, orang yang salah di tempat yang salah. 


  Konflik-konflik pun terus bermunculan di sepanjang cerita, satu per satu pimpinan sindikat 12 juga menemui ajalnya. Kemudian ketika di penghujung cerita pembaca akan dihadapkan dan dikejutkan dengan fakta-fakta yang sebenarnya terjadi. 


  Metropolis adalah karya ketiga Windry Ramadhina yang saya baca setelah Memori dan Montase. Berbeda dengan Memori dan Montase yang kental unsur romancenya, sentuhan romance di Metropolis sangat sedikit. Metropolis lebih bergenre thriller dengan mengambil konflik di kalangan mafia narkotika. Namun, sama hal dengan Memori dan Montase, karya Windry Ramadhina tak pernah mengecewakan saya. 


  Walau sempat tersendat-sendat membaca di awal, tapi pada akhirnya setelah halaman 60an cerita di novel ini sudah menyeret saya ke alur dan plot yang terjadi di dalamnya. Menebak-nebak dan penasaran apa sebenarnya yang terjadi pada Sindikat 12, dan siapa dalang di balik pembunuhan itu. 


  Alur dan plot yang disajikan Windry dalam Metropolis juga sangat rapi. Saya tidak menemukan unsur kebetulan yang terlalu dipaksakan. Petunjuk-petunjuk kecil yang disebar dalam cerita akhirnya mengarah pada satu titik yang membuka tabir apa yang sebenarnya terjadi. 


  Satu-satunya hal yang membuat saya agak janggal dikit lah ya adalah bocoran informasi seorang reserse dari Sat Cyber Crime kepada Bram. Saat Erik yang mengetahui informasi yang disampaikan reserse itu dibungkam untuk selamanya, kenapa reserse Sat Cyber Crime itu justru bebas berkoar-koar. Tapi, kalau nggak gitu, informasi nggak bakalan kebuka dan akan tetap jadi misteri ya, Kaka. Jadi, dimaklumi saja. 


  Oya, satu hal lagi yang agak menganggu saya ketika membaca adalah ada kata yang diulang-ulang. Misal untuk Erik, entah berapa kali disebut polwan itu. Seakan menegaskan kalau Erik adalah seorang polwan. Padahal itu sudah disebut di awal cerita. Kalau pun misalkan ingin memberikan info kembali kalau Erik adalan nama seorang wanita, ya nggak harus sesering itu juga info diberikan.


  Dan kesimpulannya, adalah ini novel keren. Dibutuhkan riset dan juga nafas yang panjang buat nulis kayak ginian. Ya iya lah, menyajikan informasi-informasi terkait dunia mafia narkotika, tentang pencucian uang yang dilakukan, juga menyusul alur dan plot yang sebegitu rapi tentu dibutuhkan kerja keras dan semangat dalam melakukannya. Salut buat penulisnya. 


  Dan ending novel ini Sempurnaaa.... "Aku seorang Al, Miaa." Sempurna buat bikin sekuelnya dan saya menantinyaaa..... :)



  



  Judul : Metropolis
  Penulis : Windry Ramadhina
  Editor : Mira R, Anin P, Fanti G
  Penerbit : PT. Grasindo
  Tahun Terbit : 2013 (Terbitan Baru. Pernah diterbitkan tahun 2009)
  Tebal Buku : 350 + vi Halaman

Komentar

  1. kirain aku mau ngebahas mengenai corby eh ternyata review buku :)

    saya belum pernah membacanya mbak -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Bukan kapasitas saya, Mak, ngebahas Corby. Jadi ngereview buku aja :D
      Masih ada di Gramed bukunya :D

      Hapus
  2. Wah buku thriller bisanya emang seru utk dibaca.
    Covernya menarik sekali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Covernya seperti menyiratkan isinya. Dunia hitam. Buat saya yang suka romance, covernya terasa mengerikan :D

      Hapus
  3. Karya Windry Ramadhina.... aku belum pernah membaca karyanya.
    Sepertinya menarik sih apalagi reveiwnya menarik gitu.
    Jadi penasaran baca bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia termasuk yang nggak sering2 banget nerbitin buku. Ada jeda lumayan panjang biasanya di karya2nya. Baru 5 kalau nggak salah novelnya sejak tahun 2007 atau 2008.

      Hapus
  4. saya suka karya windry.. pgn baca ini jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss... Sama, Mbak :D Saya suka sejak baca memori :D

      Hapus
  5. ini buku yang baru aku baca..
    seruuu dan menegangkan .. setiap lembarannya bikin penasaran
    dan yaaa sempet selalu balik ke page awal yg tentang nama-nama sindikat 12 ahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa... Saya juga susah ngapelin nama2 Sindikat 12-nya, Mbak. Tapi, suka juga sama kisahnya. Emang seru yaa... :-)

      Hapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”