Langsung ke konten utama

Ketika Seorang Anak Punya Ibu Tiri dan Ibu Kandung



"Ibu tiri hanya cinta kepada ayahku saja..."

Itu lirik lagu kan ya? Lirik lagu yang sudah familiar di telinga kita. Sehingga anggapan tentang ibu tiri itu selalu jahat juga seperti sesuatu yang mutlak. Belum lagi banyak cerita-cerita rakyat yang berkisah tentang kejamnya ibu tiri. Sebut saja Bawang Merah Bawang Putih, atau kalau dari daratan eropa ada yang namanya Cinderella.

Kisah-kisah tersebut juga mampir di telinga anak-anak zaman sekarang. Sama saja lah dengan anak-anak zaman saya dulu yang beranggapan ibu tiri itu kejam binti jahat.
Maka sebuah novel anak yang berjudul Aku Sayang Bunda, mendobrak pemikiran-pemikiran tersebut. Terlebih dengan sasarannya yang ditujukan untuk anak-anak.


Adalah Nayla, seorang anak berusia 9 tahun yang dibuat bingung ketika seorang temannya menyebutkan kalau bunda Aida, bunda yang selama ini Nayla kenal sebagai bundanya bukan bunda betulan. Dalam hidup Nayla, dia hanya mengenal satu bunda. Bunda Aida. Lalu kenapa kemudian Wati menyebut bunda Aida bukan bunda betulan? Siapakah Bunda betulan Nayla yang dikatakan Wati masih hidup?

Rasa penasaran menuntun Nayla untuk bertanya pada ayah dan bundanya. Ayahnya pun merasa sudah saatnya Nayla tahu hal yang sebenarnya, bahwa ada bunda lain dalam hidup Nayla. Bunda betulan seperti yang dikatakan Wati. Bunda betulan yang ditemui Nayla tidak seperti Bunda Aida, bunda yang dikenal Nayla selama ini. Apalagi ada nenek yang suka marah-marah yang membuat Nayla takut.

Aku Sayang Bunda adalah novel anak yang bercerita tentang ibu tiri, tapi ibu tiri yang sangat baik. Bahkan sangat dirindukan Nayla ketika dia sudah bertemu dengan ibu kandungnya.
Pesan yang disampaikan di novel anak ini kalau ibu tiri itu tak selalu jahat sungguh sebuah pesan yang sangat bagus. Dan ada beberapa pelajaran lagi yang didapat ketika membaca novel ini. Menerangkan tentang sakit jiwa pada anak kecil dan juga untuk memulai segala sesuatu dengan basmalah seperti yang dicontohkan Nayla.
***


Identitas Buku :

Judul : Aku Sayang Bunda
Penulis : Nurhayati Pujiastuti
Penyunting Bahasa : Ririen Djoemadi
Desain Sampul : Kak Andhi
Penerbit : Lintang Indiva (Kelompok Penerbit Indiva Media Kreasi)
Tahun Terbit : 2011 (Cetakan Pertama)
Tebal : 96 Halaman

Komentar

  1. Aku juga punya buku ini, Yant..
    Buku ini meraih penghargaan sebagai buku cerita anak terbaik di IBF tahun berapa gt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku ini ya, Mbak yang dapat penghargaan? Bukan buku satunya yang judulnya Kakakku Tersayang? Soalna di cover Kakakku Tersayang ada tulisan Peraih IKAPI-IBF Award 2012 kategori fiksi anak terbaik. Sementara buku ini di covernya nggak tertulis apa2...

      Hapus
    2. Kok bisa dicetak di covernya? apa itu yg cetak ulang? Kalau award IBF itu bukannya bukunya dah terbit dulu, baru diikutsertakan dlm kontes penjuriannya ya? Sepengetahuanku sih, buku ini menang. Coba tanya Mbak Afra deh, atw ke penulisnya langsung, kan dia cik gu-nya Yanti..

      Hapus
    3. Mbaaaak... Iya bener. Ynt ga teliti euy. Hihihi... DI Kakakku Tersayang ditulis kalau penulisnya peraih penghargaan IBF. Berarti emang buku ini yang menang. Maaap ya mbak....
      Buku yang ada di ynt yg ini udah cetakan 3 :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bisa dibeli di tokobukuafra.com mak. Murmer. Tapi lagi ada masalah sepertinya tokobukuafra.com nya :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Saya baru2 aja nih mbak suka baca buku anak :)

      Hapus
  4. bagus ya idenya. Tapi kok jadi ibu kandungnya ya yang jahat...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak jahat kok mbak ibu kandungnya. Yang jahat neneknya. Ibu kandungnya sakit :(

      Hapus
  5. Mbaaaak, njenengan ini bikin penapsaran kalo bikin ripiew buku. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka... Menularkan semangat membaca buku, Mas Dani :D

      Hapus
  6. Salam kenal saya Pradana penulis buku "Praktis dan Mandiri Bahasa Jepang" terbitan Andi Offset, sekaligus pemilik Hon Book Store.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://goo.gl/muzD8w

    Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda

Postingan populer dari blog ini

Novel yang Berkisah Tentang Poligami

Kebahagiaan dalam pernikahan adalah harapan setiap insan yang menikah. Mereka berharap pasangan dalam hidupnya adalah yang pertama dan terakhir serta hanya maut yang bisa memisahkan. Hal itu juga dialami oleh Arini. Arini yang menyenangi dunia dongeng selalu menganggap hidupnya pun akan berakhir bahagia seperti dongeng-dongeng yang selama ini ia ketahui. Happily Ever After. Semuanya semakin sempurna saat Arini menemukan sang pangeran yang membangun istana cinta bersamanya. Pras, adalah lelaki baik hati itu. Bersama Pras, Arini dikaruniai tiga anak-anak yang cerdas. Karier Arini sebagai penulis pun terus berjalan.

Membangun Kebiasaan demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bagi sebagian manusia keahlian adalah bakat, tapi bagi sebagian yang lain keahlian adalah masalah latihan dan pengembangan. Menurut buku How to Master your Habits, keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan yang dibuat itu. Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.  Mungkin kita pernah merasa heran (kita? Saya maksudnya :p) Kenapa mas-mas penjual nasi goring itu begitu lihat memasukkan bumbu demi bumbu hingga tersaji nasi goreng yang enak. Yang rasanya dari hari ke hari ya sama kayak gitu. Tidak berubah. Padahal dalam proses memasaknya yang saya lihat sepenuhnya, tak ada sedikitpun mas-mas penjual nasgor itu mencicipi hasil masakannya. Kok bisa rasanya pas? Dan sama dari hari ke hari? Itu karena memasak nasgor sudah menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulan

In a Blue Moon - Ilana Tan

Membaca buku yang belum beredar di toko buku itu rasanya sesuatu. Apalagi bukunya banyak ditunggu para fans penulis tersebut. Ada sensasi rasa senang ketika melahapnya. Terima kasih buat ka Fitri Gita Cinta yang sudi meminjamkannya ;-) In a Blue Moon adalah karya terbaru dari Ilana Tan. Buku yang saya baca berstatus Contoh Cetakan dan Tidak untuk dijual. Seperti karya Ilana Tan sebelumnya, unsur romance yang kental tetap menjadi ciri khas Ilana Tan dalam karya teranyarnya ini. Lucas Ford harus menerima perjodohan yang dicetuskan oleh sang kakek. Ketika Lucas bertemu dengan tunangannya itu, Lucas kaget karena dia sudah mengenal gadis itu sebelumnya. Sophie Wilson bukan orang baru dalam kehidupan Lucas, mereka pernah saling mengenal saat masih duduk di bangku SMA. Kakek Lucas pun senang mengetahui cucunya sudah mengenal dengan seseorang yang dia ingin jodohkan. Namun, Sophie menegaskan sesuatu, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”